Jumat, 29 Maret 2013

Kegunaan Survey Politik.


FUNGSI SURVEI PEMETAAN POLITIK

POSISI TAWAR
Hasil survei ini dapat dijadikan alat bukti ilmiah yang sangat kuat bagi kandidat agar parpol mendukungnya.

MEMILIH PASANGAN YANG PALING TEPAT
Hasil survei ini dapat digunakan untuk siapa orang yang paling tepat secara taktis dan strategis untuk dijadikan pendamping

EFISIENSI DANA KAMPANYE
Dengan melihat hasil survei ini, kandidat dapat menentukan skala prioritas kampanye sehingga dana yang ada tidak dihabiskan untuk hal-hal yang tidak produktif

EFEKTIVITAS KAMPANYE
Hasil survei ini juga dapat digunakan untuk menentukan berbagai bentuk kampanye mana yang paling efektif menarik pemilih.

Mengetahui kekuatan dan kelemahan diri sendiri
• Mengetahui seberapa besar pemilih di kabupaten, kota atau propinsi yang akan memberikan suaranya kepada masing-masing kandidat
• Mengetahui kelompok/segmen masyarakat (agama, klas sosial, suku, umur, jenis kelamin, pendidikan, afiliasi politik, kecamatan, desa dll.) mana yang mendukung dan tidak mendukung terhadap masing-masing kandidat.
• Mengetahui bagaimana kelebihan (citra positif) dan kekurangan (citra negatif) dari masing-masing kandidat.

Mengetahui kekuatan dan kelemahan lawan.
• Mengetahui variabel apa saja yang menjadi “modal” bagi kandidat.
• Mengetahui basis dukungan dari kandidat lawan, dilihat dari aspek agama, suku, umur, jenis kelamin, pendidikan, afiliasi politik, kecamatan, desa, kelas sosial dll
• Mengetahui kelebihan (citra positif) dan kekurangan (citra negatif) dari kandidat lain.

Mengetahui karakteristik perilaku pemilih
• Mengetahui berapa jumlah orang yang pemilih pada pilkada , dilihat dari aspek wilayah, agama, suku, umur, kelas sosial, afiliasi politik, pendidikan dll
• Mengetahui media komunikasi (sosial dan massa) yang paling efektif digunakan oleh masyarakat

Mengetahui masalah/isu/topik sosial dan politik kontemporer local
• Mengetahui tema kampanye yang diinginkan oleh masyarakat.
• Mengetahui masalah-masalah mendesak yang dibutuhkan masing-masing segmen social
• Mengetahui berbagai usulan dari masyarakat tentang bagaimana seharusnya yang harus dilakukan oleh kandidat agar sukses dalam pilkada.

METODOLOGI
• Metode sampling yang kami gunakan adalah MULTISTAGE RANDOM SAMPLING.
• Tingkat Kepercayaan 95%.
• Margin Error MOE +/- 3%

By. MSS (Media Survei & Strategi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar